Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Sebagai perusahaan yang bergerak di industri kesehatan, Prodia berkomitmen untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) yang konsisten dan berkesinambungan.
Prodia melaksanakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, salah satunya bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan antara lain pemegang saham, pelanggan, karyawan, dan lingkungan sehingga bisnis Prodia dapat tumbuh secara berkelanjutan.
Fokus pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial Prodia bertumpu di 4 (empat) bidang di antaranya: lingkungan, ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja, sosial kemasyarakatan, dan pelanggan. Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial pada keempat bidang tersebut memberikan dampak positif bagi keberlanjutan bisnis Prodia serta meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan kepada Prodia.
Prodia memastikan bahwa kegiatan usahanya tidak berdampak negatif terhadap lingkungan. Kepedulian Prodia tersebut sejalan dengan amanah UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
-
Prodia memiliki pedoman sistem tanggap darurat instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan tempat penyimpanan sementara (TPS) limbah.
-
Prodia juga memastikan bahwa pengelolaan limbah memenuhi standar kualitas lingkungan yang ditetapkan Pemerintah. Prodia telah memiliki Instalasi Pengolahan Limbah Cair (IPAL) atau Sewage Treatment Plant (STP) sehingga dapat melakukan pengelolaan limbah cair secara mandiri.
-
Pengangkutan dan pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Medis padat juga dilaksanakan dengan bekerjasama dengan vendor yang telah diseleksi. Prodia memastikan pihak ketiga yang mengelola limbah medis tersebut memiliki fasilitas yang memadai dan memiliki izin resmi untuk melakukan pengelolaan limbah.
-
Prodia telah memiliki sertifikasi di bidang lingkungan hidup. Prodia juga berupaya untuk melakukan kegiatan operasionalnya sesuai dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan standar ketentuan peraturan yang berlaku.
Prodia menerapkan praktik-praktik ketenagakerjaan yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan terkait ketenagakerjaan yang berlaku. Prodia juga berupaya untuk menerapkan praktik-praktik terbaik dalam mengelola SDM, mengingat karyawan adalah aspek penting yang menentukan kinerja bisnis perusahaan.
Di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Prodia berkomitmen untuk menciptakan kondisi dan tempat kerja yang aman bagi seluruh karyawan. Prodia memiliki kebijakan yang telah dirumuskan dan dilaksanakan untuk memenuhi seluruh standar dan kriteria ketenagakerjaan dan K3 dalam rangka mencatat kinerja prima di bidang tersebut. Kebijakan tersebut senantiasa didukung oleh Direksi dan disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan, terutama karyawan. Prodia juga terus berupaya meningkatkan safety awareness karyawan dengan acuan pada peraturan yang berlaku mengenai K3.
Prodia berkomitmen untuk turut berkontribusi dalam bidang sosial dan kemasyarakatan, khususnya untuk aspek kesehatan dan pendidikan. Komitmen nyata Prodia diwujudkan di antaranya dalam bentuk skrining thalassemia, pendirian Prodia Education and Research Institute (PERI), serta pengembangan penelitian di bidang kedokteran dan ilmu biomedik.
-
Skrining Thalassemia
Salah satu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yang berfokus pada kesehatan masyarakat adalah Program Skrining Thalassemia. Thalassemia merupakan salah satu penyakit kelainan darah yang disebabkan kekurangan salah satu zat pembentuk hemoglobin (Hb) sehingga produksi hemoglobin berkurang. Thalassemia termasuk kelompok delapan besar penyakit katastropik. Melalui program skrining thalassemia ini, Prodia membantu masyarakat untuk mengetahui sejak dini akan adanya indikasi penyakit thalassemia tersebut.
-
Pemberian Bantuan Pemeriksaan COVID-19 bagi Pelayan Publik
Pada tahun 2021, Prodia telah memberikan bantuan pemeriksaan COVID-19 kepada lebih dari 3.800 orang pelayan publik dari sekitar 85 instansi di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Puskesmas, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Media, Kelurahan dan Kecamatan, dan instansi publik lainnya. Pemberian bantuan pemeriksaan tersebut sejalan dengan komitmen Prodia untuk terus berkontribusi dalam menangani pandemi COVID-19 sekaligus sebagai bentuk apresiasi Prodia terhadap penanganan pandemi COVID-19 oleh pelayan publik.
-
Prodia Education and Research Institute (PERI)
Prodia Education and Research Institute (PERI) didirikan pada 14 Juli 2006 yang bertujuan sebagai pusat pendidikan dan penelitian terbaik di bidang kedokteran dan kesehatan. Dalam menjalankan misinya, PERI turut mendukung perkembangan penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan melalui pemberian beasiswa bagi peneliti untuk jenjang Diploma, Sarjana, Master, dan Doktor, pemberian hibah dana penelitian serta mengadakan pelatihan, seminar, dan workshop.
Sejak tahun 2009, PERI juga telah menerbitkan The Indonesian Biomedical Journal (InaBJ) yang berisi tentang hasil penelitian dan review artikel tentang pengembangan bidang ilmu biomedik. InaBJ ini juga telah resmi terindeks Scopus. InaBJ memiliki misi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang biomedis kedokteran dan kesehatan. InaBJ dapat digunakan oleh para dokter, peneliti, dan mahasiswa sebagai bahan diskusi riset bidang biomedis sebab jurnal ini memuat informasi terkini mengenai penelitian, temuan-temuan baru khususnya di bidang biomedis dan molekuler.
Sejak tahun 1991, Prodia telah mendukung lebih dari 3.000 penelitian dan mengerjakan hampir lebih dari 400 pemeriksaan baru untuk kebutuhan riset. Sampai dengan tahun 2021, Prodia telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan 43 institusi yang terdiri dari fakultas kedokteran, farmasi, institusi sains dan teknologi, lembaga riset pemerintah, dan organisasi profesi. Kerja sama ini ditujukan untuk meningkatkan kegiatan pendidikan dan penelitian khususnya di bidang kedokteran biomedik di Indonesia.
-
Prodia Scientific Day
Prodia Scientific Day diselenggarakan sejak tahun 2016 menjadi wadah bagi para karyawan, para scientist, dan juga para dokter untuk mendapatkan informasi terbaru seputar perkembangan pemeriksaan laboratorium serta penelitian yang telah dilakukan, baik oleh Prodia maupun oleh ara dokter atau scientist yang berkerja sama dengan Prodia. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta bisa mendapatkan banyak informasi terbaru dalam bidang kesehatan, khususnya pemeriksaan laboratorium dan biomedik, sehingga dapat memunculkan inovasi-inovasi unggulan yang bermanfaat bagi masyarakat.
Pelanggan merupakan prioritas utama bagi Prodia. Prodia berkomitmen untuk selalu memastikan setiap produk dan layanannya menghasilkan kepuasan pelanggan yang tinggi, untuk membentuk basis pelanggan yang loyal dan dapat mendukung keberlanjutan usahanya.
-
Layanan Telekonsultasi
Dengan memanfaatkan teknologi medis secara daring atau telemedicine, Prodia menyediakan layanan telekonsultasi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan konsultasi mengenai kondisi kesehatan tanpa harus datang ke Prodia. Apabila diperlukan tindakan lanjutan maka dokter akan memberikan rujukan sesuai dengan kondisi pelanggan, seperti memberikan pengantar untuk pemeriksaan di Prodia, vaksinasi, dan pemberian resep. Layanan telekonsultasi ini berlaku di cabang Prodia yang berizin klinik, dan tersedia bagi pelanggan awam di klinik Prodia sejak tanggal 22 Mei 2020 .
-
Prodia In Your Car
Layanan Prodia in Your Car memungkinkan pengambilan sampel darah dilakukan dalam mobil pelanggan sehingga pelanggan tidak perlu turun dari mobil, petugas akan menghampiri dan melakukan pengambilan sampel dengan tetap menerapkan protokol keamanan dan keselamatan yang berlaku.
-
Layanan Home Service
Prodia memiliki layanan home service yang dapat digunakan bagi pelanggan selama pandemi. Pelanggan dapat memesan layanan ini melalui aplikasi Prodia Mobile, Kontak Prodia ataupun menghubungi cabang Prodia terdekat.
-
Kontak Prodia 1500 830
Prodia memiliki Kontak Prodia 1500 830 guna meningkatkan layanan kepada pelanggan setia dan masyarakat. Kontak Prodia dapat melayani pelanggan dan masyarakat yang memerlukan informasi terkini seputar Prodia.Selain itu, pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan, saran dan masukan bagi Prodia melalui Kontak Prodia 1500 830.
Keberadaan Kontak Prodia ini memperkuat layanan komunikasi yang telah ada sebelumnya. Dengan Kontak Prodia, pelanggan dapat dengan cepat mendapatkan jawaban atas informasi yang dibutuhkan.
-
Tanya Prodia (TANIA)
Prodia juga meluncurkan chatbot Tanya Prodia (TANIA) yang beroperasi selama 24 jam setiap hari dan dapat diakses secara daring melalui LINE, Telegram, Facebook Messenger dan website Prodia.
TANIA merupakan personal assistant virtual Prodia berbasis daring. Dengan adanya TANIA, pelanggan dapat dengan mudah memperoleh informasi trekini seputar Prodia di mana pun dan kapan pun.
-
Layanan Pendaftaran dan Pembayaran Daring
Dalam rangka meningkatkan layanan bagi pelanggan, sejak tahun 2017, Prodia meluncurkan sistem pendaftaran dan pembayaran daring bagi pelanggan Prodia. Layanan pendaftaran dan pembayaran daring ini membantu pelanggan yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Laboratorium Klinik Prodia, sehingga tidak perlu lagi mengantri lama di cabang.
Melalui layanan ini pelanggan dapat dengan mudah mendaftarkan diri, memilih jenis pemeriksaan yang diinginkan, menentukan lokasi pemeriksaan, dan pembayaran dengan cara yang diinginkan. Selain itu, pelanggan juga bisa chat dengan dokter untuk berkonsultasi tanpa dipungut biaya dan melakukan pemesanan layanan Home Service.
Sistem Pendaftaran dan Pembayaran daring ini dapat diakses melalui aplikasi Prodia Mobile yang dapat diunduh di Google Play dan App Store.
-
Prodia Customer Club
Prodia Customer Club (PCC) adalah tanda keanggotaan yang diberikan kepada pelanggan setia Prodia sebagai bentuk apresiasi dari pihak manajemen. Pelanggan ini terpilih karena loyalitas dan sudah berkontribusi terhadap perkembangan Laboratorium Klinik Prodia. Sebagai anggota PCC, ada berbagai fasilitas istimewa yang dapat dimanfaatkan mulai dari keringanan biaya pemeriksaan laboratorium, informasi kesehatan secara rutin melalui brosur seri edukasi dan majalah Smartliving, voucher keringanan biaya yang dapat dimanfaatkan oleh kerabat dan lain sebagainya.
-
Mekanisme Pengaduan Pelanggan
Prodia menyadari bahwa kepercayaan pelanggan merupakan syarat utama agar dapat meraih kesuksesan bisnis dan menjaga keberlangsungan usaha. Oleh karenanya, untuk menjaga kepercayaan pelanggan, Perseroan selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan para pelanggannya. Pelanggan dapat menyampaikan keluhan ataupun memberikan masukan, kritik maupun saran melalui saluran komunikasi resmi yang telah disediakan bagi pelanggan dan masyarakat umum.